Jumat, 06 Agustus 2010

Tips Penghilang Jerawat Tanpa Obat, Secara Alami Aman Untuk Kesehatan

Walau bentuknya kecil, jerawat punya efek yang besar. Kadang kita jadi malu pergi keluar, nggak percaya diri ketemu gebetan, sampai pusing kepala karena harus ke dokter kulit. Nah, biar jerawat nggak muncul di wajah, baca tips berikut ini!
Untuk punya wajah anti jerawat nggak harus pake perawatan full obat. Cara alami dan perubahan pola hidup juga terbukti ampuh untuk mengusir jerawat nakal.
1. Rajin-rajin pakai masker jerawat. Maskeran bukan kegiatan yang asing lagi terutama buat wanita. Masker madu adalah yang paling cocok untuk mengusir jerawat. Madu mengandung anti bakteri yang dapat menjadi pembunuh kuman dan menghilangkan jerawat kecil. Selain itu madu juga sangat lembut untuk kulit sensitif.
2. Cuci muka dua kali sehari. Selama satu hari kehidupan kita diisi oleh berbagai macam kegiatan. Debu, polusi, kotoran, dan. bakteri pastinya banyak menempel di wajah. Agar kotoran-kotoran tersebut nggak betah lama-lama di wajah kita yang mulus, jangan lupa cuci muka. Sebaiknya gunakan. sabun. anti jerawat yang berbahan dasar belerang.
3. Usir rambut dari wajah. Jika punya rambut panjang, ikat atau jepit sehingga tak menyentuh wajah. Karena berbagai kegiatan sehari-hari, rambut kita akan mengandung minyak dan kotoran. Kotoran dan minyak Yang menyentuh wajah pastinya bisa menjadi pemicu yang ampuh untuk memunculkan jerawat.
4. Minum Multi-vitamin. Selain karena kotor, jerawat juga menandakan adanya sesuatu yang tidak beres di dalam tubuh kita. Kesehatan kulit benar-benar tergantung pads asupan nutrisi yang masuk. Di tengah kesibukan yang padat, kadang kita lupa untuk memperhatikan makanan dan nutrisi apa yang masuk. Tubuh juga bisa ngambek lho! Caranya, mereka akan memproduksi sebum (semacam minyak) yang berlebihan sehingga menyumbat pori-pori. Reaksi tersebut selain akan memicu jerawat juga mengurangi kemampuan kulit menyembuhkan diri dan melawan bakteri.
5. Makan wortel. Makan Wortel untuk mendapatkan asupan beta karotin (vitamin A). Vitamin A ini bermanfaat untuk memperkuat serat-serat Yang melindungi kulit dan mencegah jerawat. Selain itu, vitamin A juga efektif untuk mengurangi produksi sebum. Intinya, vitamin A sangat bermanfaat untuk menjaga dan memperbaiki serat dan jaringan yang membentuk kulit. Fungsi lain dari vitamin A adalah sebagai anti oksidan yang akan menyingkirkan berbagai racun tubuh. Kekurangan vitamin A juga bisa menyebabkan jerawat.
6. Sebisa mungkin hindari kosmetik. Jika tak terlalu mendesak, hindari penggunaan kosmetik pads wajah. Menggunakan make-up akan menyumbat pori-pori wajah. Jika pori-pori wajah tersumbat maka pastinya akan menimbulkan noda hitam dan jerawat. Jika benar-benar perlu menggunakan kosmetik, sebisa mungkin cari kosmetik yang berbasis air.
7. Minum 8 gelas air sehari. Mungkin kedengarannya klise. Tapi kebiasaan ini benar-benar terbukti efektif untuk menyehatkan kulit. Air sangat bermanfaat untuk mendorong zat-zat tak berguna untuk keluar dari tubuh. Dengan minum air putih 8 gelas sehari, selain anti jerawat, Anda juga akan mendapatkan bonus kulit yang bersinar.
8. Jangan pencet jerawat. Jangan sentuh, tekan, atau ganggu jerawat yang ada di wajah Anda. Memang kadang-kadang orang sering tergoda untuk menekan jerawat besar yang mulai pecah. Tapi, cobalah tahan kebiasaan itu. Semakin sering memegang wajah, maka sebum dalam wajah akan semakin meningkat. Lagipula, ketika memencet jerawat, saat itu juga Anda merusak membran yang ada di bawah kulit. Kerusakan membran tadi akan menyebabkan sebum menyebar di balik lapisan kulit. Hasilnya, jerawat di wajah akan semakin meriah.
9. Cuci Bantal dan Seprai. Setiap hari wajah Anda pasti menempel di sarung bantal. Ketika sedang menempel di wajah, sarung bantal menyerap minyak dan wajah dan menempelkannya kembali ke maka Anda ketika tidur. Selain minyak, sarung bantal juga berisiko menghantarkan kuman, debu, dan berbagai kotoran kecil lain ke wajah. Jadi, demi wajah mulus tidak ada salahnya cuci sarung bantal setiap hari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar