Kamis, 05 Agustus 2010

Kunyit, Obat Sakit Amandel, Disentri ( Diare ), Haid Tidak Lancar, Koreng, Borok Secara Alami, Tradisional

1) Disentri
Rimpang kunyit sebanyak 1 - 2 buah direbus dengan 2 gelas air bersama gambir dan kapur sirih secukupnya. Perebusan dilakukan hingga tinggal 1 gelas, lalu disaring dan airnya diminum.

2) Haid yang Tidak Lancar
Dua buah rimpang kunyit, ½ sendok teh ketumbar, ½ sendok teh biji pala, dan ½ genggam daun sri gading ditumbuk hingga halus. Tambahkan air 1 l dan rebuslah hingga mendidih. Airnya lalu disaring dan diminum segelas sehari.

3) Amandel
Ambillah 1 - 2 rimpang kunyit, 1 butir jeruk nipis, dan 2 sendok madu. Rimpang kunyit diparut. Jeruk diperas dan diambil airnya. Campurkan bahan tersebut dengan madu dan ½ gelas air hangat. Aduk dan saringlah sebelum diminum secara rutin 2 gelas sekali.

4) Borok atau Koreng
Sebuah rimpang kunyit yang diparut dan ditambah dengan sedikit minyak kelapa dapat digunakan untuk mengobati borok atau koreng. Caranya, bahan tersebut dicampur, lalu dibungkus dengan daun pisang dan dipangang hingga panas. Oleskan atau tempelkan bahan tersebut pada bagian yang sakit.

5) Membasmi Ketombe
Tumbuk rimpang kunyit yang agak besar. Setelah keluar airnya gosokkan atau pijat sarinya agar mengenai kulit kepala semalam atau paling tidak beberapa jam. Setelah itu, cuci rambut dengan shampo.

6) Bengkak pada Anggota Tubuh karena digigit Serangga atau terkena Ulat Bulu.
Parutlah 2 - 3 rimpang kunyit. Tambahkan ¼ sendok makan kapur sirih dan dicampur merata. Oleskan atau tempelkan bahan tersebut pada bagian yang terkena.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar