Rabu, 21 Juli 2010

Tips dan Trik Untuk Pelangsing Tubuh Serta Penurun Berat Badan

MBAK SILVY yang langsing, kenalin nama saya RENI dari madiun. Sebagai informasi usia saya 21 tahun dengan tinggi 160 centimeter dan berat 71 kilogram.

Saya ingin bertanya bagaimana menurunkan berat badan dengan cara tradisional tanpa obat-obatan, karena waktu saya duduk di bangku SMA pernah coba dengan obat-obat yang dijual di apotik tapi tidak berhasil juga.

Menurut Mbak bagaimana ya solusi yang baik? Saat ini saya kuliah sambil kerja sebagai operator warnet, jadi kebanyakan saya duduk saja (kurang bergerak), waktu olahraga pun tidak ada. Sekadar informasi badan saya sudah gemuk sejak kecil. Terima kasih Mbak atas jawabannya.

RENI

Jawaban:

Dear Reni yang manis,

Memang menjadi langsing adalah impian wanita apalagi dengan tubuh langsing rasanya lebih mudah untuk bergerak dan berpakaian mengikuti tren. Tapi yang paling penting adalah bagaimana menjadi langsing dan sehat. Prinsip utama adalah jumlah makanan yang masuk sama dan jumlah kalori yang masuk haruslah lebih sedikit dibanding energi yang keluar.

Tip dari saya:

1. Makanlah lebih sering, karena rasa kenyang baru terasa 30 menit-40 menit setelah makan. Cara mudah adalah bukan menambah porsi, tapi misalnya makan siang makanlah setengah porsi saja. Sejam kemudian setengah porsi makan sebagai snack. Demikian juga dengan makan malam, semisal makan pada pukul 18.30 WIB. Makanlah setengah porsinya pada pukul 18.30 WIB atau pukul 20.00 WIB. Namun ingat tetap kurangi porsi kalau mau cepat langsing.

2. Makan tiga macam buah per hari, ini memberi rasa kenyang namun tidak menggemukan. Jika bisa memilih buah dengan glikemic index rendah seperti alpukat, apel, mangga mengkal, papaya mengkal, dan sebagainya.

3. Tingkatkan aktivitas, olahraga juga dapat dilakukan dari tempat duduk. Semisal latihan vacuum perut, angkat beban cukup 1 kilogram yang diulangi 50 kali selama 3 kali dalam sehari.

Bayangkan jikaReni bisa melakukannya dalam 5 hari seminggu, 20 hari dalam sebulan. Dijamin perut kencang dan otot lengan pun akan bagus dan langsing. Ada juga latihan untuk paha dan pinggul. Sebaiknya sekali-sekali lakukan pekerjaan sambil berdiri di tempat sambil latihan vacuum perut.

4. Makanlah nasi merah karena mengandung karbohidrat kompleks, jangan makan gula, jika ingin makan manis sebaiknya dengan gula rendah kalori atau dari buah-buahan. Hindari gorengan dan makanan berminyak.

5. Mengenai gemuk dari kecil dapat disebabkan faktor genetik, hormon yang kurang optimal, dan pola makan. Sebaiknya konsultasi ke dokter dan tidak makan obat pelangsing sendiri untuk menghindari efek samping.

Selamat mencoba, semoga saran saya berguna untuk Reni. Sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar