Rabu, 01 Agustus 2012

Obat Mata Belekan | Sakit Mata | Tips Cara Mengobati Mata Belekan

Saya pernah mengalami apa yang namanya sakit mata merah atau belekan, rasanya benar-benar tidak enak, di maat terasa panas, pedih, gatal, dan sangat mengganjel. Apalagi kalau di buat penampilan memang sangat mengganggu dan membuat tidak percaya diri. Berikut ini penjelasan lengkap tentang Mata Belekan agar anda bisa memahami apa itu Mata Belekan dan tidak salah paham. Mata merah atau belekan merupakan penyakit yang tidak pandang usia. Dari anak kecil hingga orang tua, bisa terkena penyakit ini. Penderita yang terkena penyakit ini akan merasakan pedih pada matanya, mata menjadi merah dan bengkak. Bahkan, ketika bangun tidur, si penderita akan kesulitan untuk membuka matanya karena terdapat banyak kotoran di seputar kelopak mata.

Tips Cara Mengobati Mata Belekan


Para Dokter mengatakan, istilah medis untuk penyakit ini dikenal dengan konjungtivitis (peradangan selaput lendir pada kelopak mata). Penyakit ini disebabkan oleh virus dan terkadang virus tersebut juga ditunggangi oleh kuman sehingga terjadi infeksi pada bagian mata. “Orang yang menderita penyakit ini merasakan pedih pada matanya, mata menjadi merah dan bengkak. Selain itu, saat bangun tidur, juga sangat terasa hingga membuat pandangan menjadi kabur dan terasa ada ganjalan pada bola mata,”

Penularan Mata Belekan

Penyakit mata Belekan ini sangat cepat menular melalui media penularannya, seperti benda-benda yang dipakai atau bersentuhan dengan mata si penderita, yakni kacamata, handuk, saputangan. “Bisa juga melalui jari tangan apabila si penderita mengusap matanya dengan tangan sehingga tangannya tercemar virus. Tidak mengherankan, jika orang lain atau anggota keluarga akan sangat mudah tertular,” terangnya.

Obat Mata Belekan | Sakit Mata | Tips Cara Mengobati Mata Belekan
Penggunaan salep atau obat tetes mata adalah salah satu cara pengobatannya. “Beli lah obat infeksi mata sesuai dengan resep dokter karena pemakaian obat mata sembarangan bisa membahayakan mata,”

Cara mencegah mata Belekan

Virus penyakit ini biasanya berada di tempat-tempat yang kumuh, seperti percikan air banjir. “Untuk itu, dapat dilakukan pencegahan dengan menghindari memegang dan mengucek mata jika terasa gatal dan hindari kontak langsung dengan si penderita agar tidak terkena  belekan. Bagi penderita, sebaiknya menggunakan kacamata agar tidak menulari orang lain. Bila tidak memakai kacamata, maka mata akan semakin merah akibat terkena debu dan sinar matahari,” tukasnya. Tetapi bagi orang yang belum terserang penyakit tersebut, sebaiknya jagalah kesehatan tubuh karena kesehatan tubuh yang baik mempersulit kuman untuk masuk ke dalam tubuh kita. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

1 komentar: