Senin, 16 April 2012

Khasiat Kunyit Putih | Obat Sakit Payudara

Tanaman kunyit putih atau bahasa lain temu putih banyak sekali di jumpai di perkarangan rumah. tanaman ini gampang dan sangat mudah di budidayakan dan sangat cepat sekali untuk perkembanganannya. tanaman kunyit puth banyak sekali manfaatnya dan khasiatnya.

Tanaman ini mempunyai manfaat antara lain untuk penyembuhan penyakit kangker, melangsingkat perur, penambah nafsu makan dan masih banyak khasiat khasiat lain yang terkandung di dalam tanaman kunyit putih atau temu putih.

obat sakit payudara kumpulan tips artikel obat sakit payudara pengobatan alternatif tumor jinak payudara payudara sakit setelah haid cara mengobati kangker payudara. penyebab tumor jinak payudara

kunyit putih (Curcuma alba) adalah tanaman herbal asli rakyat Indonesia dan telah lama digunakan sebagai tanaman obat selama ratusan tahun. Tanaman dengan bahasa ilmiahnya Curcuma alba ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Tanaman ini kaya dengan kandungan kimia seperti tanin, kurkumin, amilum, gula, minyak atsiri, damar, saponin, flavonoid, dan protein toksis yang dapat menghambat perkembangbiakan sel kanker. Sudah tak diragukan lagi ternyata tanaman yang bernama kunyit putih ini mempunyai manfaat besar bagi tubuh kita.


Dalam buku Encyclopedia of Medical Plants dinyatakan, kurkumin dalam kunyit putih mempunyai khasiat anti-oksidan dan anti-inflamasi. Bahkan khasiat anti-oksidannya lebih kuat dari vitamin E, sedangkan khasiat anti-inflamasinya lebih kuat daripada hidrokortison kimia/sintetis.

Kunyit putih dikenal sebagai herbal anti kanker selain itu kunyit putih memiliki manfaat lainnya yang sangat banyak untuk kesehatan. Hal ini disebabkan karena kandungan senyawa turunan (derivat) flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan dan kurkumin yang bertindak sebagai anti radang (anti inflamasi)" ujar DR. Maksum Radji, MBiomed, Apt, Ketua Perhimpunan Penelitian Bahan Alam, Kamis (14/1/2010).

DR. Maksum menjelaskan khasiat kunyit putih dalam melawan sel kanker masih sebatas penelitian in vitro (laboratorium) dan belum mencapai uji klinis. Namun kunyit putih sudah banyak dipakai sebagai obat alternatif untuk penyakit kanker.

Ternyata di China juga cukup dikenal bahkan dalam farmakologi China dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tumbuhan ini memiliki sifat: menghentikan pendarahan, antiinflamasi, dan menambah nafsu makan.

Hasil penelitian menunjukkan tanaman ini bersifat antineoplastik (merusak pembentukan ribosom pada sel kanker atau menghambat pertumbuhan sel kanker). Bagian yang digunakan adalah rimpang dan daun.

Kandungan pada rimpang dan daun Kunyit Putih antara lain mengandung saponin, dan polifenol. Daun mengandung polifenol. Penyakit yang bisa disembuhkan dengan tanaman ini menurut hasil penelitian dan pengalaman adalah mengecilkan rahim, menambah nafsu makan, menghambat pertumbuhan sel kanker, mengobati sakit maag, dan nyeri lambung.

Perbedaan kunyit putih dalam bentuk jus dan dalam dalam bentuk kapsul

Kunyit putih dalam jus lebih baik di bandingkan dengan kunyit putih dalam bentuk kapsul, hal itu disebabkan karena zat aktif dalam bentuk jus masih utuh dan daya serapnya lebih cepat dibandingkan dalam bentuk kapsul sehingga efektifitas pengobatan lebih baik dan lebih cepat. Kunyit

Manfaat jus kunyit putih :

   1. menghambat perkembangbiakan sel kanker
   2. mempunyai khasiat antipiretik (penurun panas)
   3. antitoksik (menangkal racun)
   4. laksatif (pencahar)
   5. antioksidan – mengatasi sakit perut
   6. mengecilkan rahim sesudah persalinan
   7. menyempitkan organ kewanitaan
   8. mengurangi lemak perut
   9. menambah nafsu makan
  10. menguatkan syahwat
  11. mengatasi gatal-gatal pada daerah kewanitaan
  12. gatal-gatal (pruiritis)
  13. mengobati luka
  14. mengatasi sesak napas (asma)
  15. mengatasi radang saluran napas (bronkitis)
  16. mengobati demam, kembung dan masuk angin

1 komentar:

  1. Bagaimana cara membuat jus Kunyit dan apa saja komposisinya?

    BalasHapus