Jumat, 18 Februari 2011

Gejala Dan Tanda – Tanda Stroke Serta Pengobatannya

Pengertian penyakit stroke

Stroke adalah suatu penyakit yang terjadi dimana pasokan darah ke suatu bagian otak tiba-tiba terganggu, bisa disebabkan karena penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah otak. Pasokan darah yang terganggu ke bagian otak tertentu dapat menyebabkan kematian sel – sel otak sehingga menimbulkan kelumpuhan, hilangnya ingatan atau turunnya kemampuan bicara.

stroke Stroke merupakan penyakit yang sangat serius Karena implikasinya yang menyebabkan seseorang menjadi tidak produktif bahkan menimbulkan kematian. Stroke merupakan salah satu penyakit darurat sehingga penanganan yang cepat dan tepat dapat menngurangi kerusakan otak dan komplikasinya.


DOWNLOAD GRATIS KUMPULAN RAHASIA OBAT CINA TIONGKOK
CLICK DISINI......

OBAT HERBAL CINA TIONGKOK
CLICK DISINI......

DOWNLOAD GRATIS KUMPULAN RAHASIA OBAT CINA TRADISIONAL TIONGKOK
CLICK DISINI......

Tipe stroke

Stroke terbagi atas dua yaitu :

Stroke Iskemik

Stroke iskemik disebabkan karena aliran darah yang menuju otak terganggu bisa disebabkan karena aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah karena penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah) atau penyumbatan oleh bekuan darah/emboli. Sebagian besar penderita stroke termasuk jenis stroke iskemik.


Stroke perdarahan (hemorrhagic)

Stroke iskemik disebabkan karena pecahnya pembuluh darah yang otak sehingga suplai darah menuju otak terganggu dan menyebabkan perembesan darah di otak. Sekitar 70% penderita stroke hemorragik terjadi pada penderita hipertensi.

Penyebab stroke

Penyebab stroke iskemik : gumpalan darah (thrombus) terbentuk di salah satu arteri yang memasok darah ke otak. Selain itu penyebab stroke islemik yang lain adalah lepasnya endapan lemak (plak) yang lepas dari aterosklerosis yang kemudian dalam perjalanannya menyumbat arteri yang mensuplai darah ke otak. gumpalan darah (embolus) atau bentuk sampah lainnya dapat menyumbat aliran darah otak. Gumpalan darah dapat terbentuk karena fibrilasi atrium (irama jantung yang tidak beraturan)

Penyebab stroke hemorrhagic (perdarahan) : disebabkan oleh beberapa kondisi yang mempengaruhi pembuluh darah, termasuk tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol (hipertensi) dan titik-titik lemah pada dinding pembuluh darah (aneurisma). Penyebab yang jarang terjadi adalah pecahnya arteriovenosa ( AVM ) – suatu kelainan pembuluh darah yang tidak beraturan, berdinding tipis, terjadi pada saat kelahiran.

Transient Iskemic Attack (TIA)

Transient Ischemic Attack adalah serangan stroke yang sifatnya sementara atau singkat, kadang – kadang disebut juga ministroke. TIA terjadi karena menurunnya pasokan darah ke bagian otak yang sifatnya sementara dan umumnya terjadi kurang dari lima menit. TIA tidak menyebabkan komplikasi karena sifatnya yang sementara. TIA merupakan petanda orang tersebut memiliki resiko besar mendapat serangan stroke.

Faktor resiko stroke

Banyak faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang menderita stroke. Sejumlah faktor-faktor ini juga dapat meningkatkan resiko terkena serangan jantung. faktor risiko Stroke meliputi :

   1. Riwayat keluarga menderita stroke, serangan jantung atau TIA .
   2. Usia di atas 55 tahun, namun usia muda dapat terkena stroke terutama stroke hemorrhagic akibat hipertensi.
   3. Tekanan darah tinggi (hipertensi)
   4. kolesterol tinggi – tingkat kolesterol total di atas 200 miligram per desiliter ( mg / dL )
   5. Merokok atau atau penderita perokok pasif .
   6. Diabetes mellitus (DM).
   7. Kegemukan atau obesitas
   8. Kurang olahraga
   9. Penyakit kardiovaskuler, termasuk gagal jantung, cacat jantung, infeksi jantung, atau irama jantung yang tidak normal .
  10. Penggunaan pil KB atau terapi hormon yang mencakup estrogen .
  11. Peminum alkohol (minuman keras) .
  12. Penggunaan obat-obatan terlarang seperti kokain dan methamphetamines .

Gejala dan tanda – tanda stroke


Masalah dengan berjalan. Tiba – tiba hilang keseimbangan atau koordinasi ketika berjalan. Dapat juga tiba – tiba tersandung atau pusing.

   1. Masalah dengan berbicara dan pemahaman. Mengalami kebingungan dengan kata – kata sendiri atau kesulitan memahami pembicaraan lawan bicara / orang lain, kesulitan mengulang kalimat sederhan, kemungkinan akan beresiko menderita stroke. Kata – kata yang diucapkan tidak jelas (cadel)
   2. Kelumpuhan, kelemahan atau mati rasa pada satu sisi tubuh atau wajah. Ini merupakan tanda khas stroke yaitu kelumpuhan, mati rasa atau kelemahan pada satu sisi tubuh. Pada wajah akan tampak bibir yang tertarik pada satu sisi atau kelopak mata yang tidak bisa menutup dengan sempurna.
   3. Gangguan penglihatan. Penglihatan tiba – tiba menjadi kabur atau terlihat ganda (diplopia).
   4. Sakit kepala yang disertai muntah dan kesadaran menurun.

Diagnosa stroke

Untuk mendiagnosa stroke maka diperlukan beberapa pemeriksaan yang meliputi :

   1. pemeriksaan fisik. Dari pemeriksaan fisik maka akan ditemukan kelemahan/kelumpuhan tubuh pada salah satu sisi tubuh dan mulut akan tertarik pada salah satu sisi. Pemeriksaan tekanan darah dapat di atas normal (hipertensi), dapat normal atau bisa juga turun (hipotensi).
   2. Tes darah. Tes darah sangat penting untuk memberikan informasi mengenai kadar gula darah, waktu pembekuan darah, kimia darah dan kadar kolesterol.
   3. CT Scan (Computerized tomography Scan). Pencitraan otak (brain imaging) memainkan peran penting dalam menentukan apakah Anda mengalami stroke dan penentuan jenis stroke. Computerized tomography angiography ( CTA ) digunakan untuk mencari aneurisma atau malformasi arteri dan untuk mengevaluasi kondisi arteri. CT scan dapat menyediakan gambar otak serta perdarahan yang terjadi, tetapi sedikit memberikan informasi tentang kondisi pembuluh darah.
   4. Magnetic resonance imaging (MRI). MRI adalah medan magnet dan gelombang radio yang kuat yang dapat menghasilkan tampilan 3 dimensi. MRI dapat mendeteksi jaringan otak yang rusak akibat stroke iskemik.

Terapi dan obat stroke


Terapi dan obat stroke tergantung dari jenis strokenya, apakah stroke iskemik atau stroke hemorrhagic.

Terapi dan obat stroke iskemik


Tujuan dari pengobatan stroke iskemik adalah mengembalikan aliran darah otak yang tersumbat. Semakin cepat pengobatan akan semakin baik dan mengurangi komplikasi dari stroke tersebut. Obat stroke iskemi yang sering digunakan adalah :

Aspirin. Aspirin adalah obat pengencer darah yang digunakan untuk mengobati stroke iskemik dan telah terbukti mencegah stroke ulangan setelah kejadian stroke pertama. Obat pengencer darah yang lain seperti warfarin (Coumadin), heparin dan clopidogrel (Plavix) juga dapat diberikan.

Terapi dan obat stroke hemorrhagic


Tujuan dari pengobatan stroke hemorrhagic adalah mengendalikan perdarahan dan mengurangi tekanan dalam otak. Jika stroke hemorrhagic disebabkan karena hipertensi maka dapat diberikan obat hipertensi. Setelah berhenti pendarahan di otak Anda, pengobatan biasanya hanya istirahat dan perawatan medis sementara tubuh menyerap darah. Jika luas pendarahan besar, maka operasi dapat digunakan dalam kasus-kasus tertentu untuk menghilangkan darah di otak dan mengurangi tekanan pada otak.

Obat tradisional – herbal stroke


Obat tradisional atau herbal untuk stroke adalah jus mengkudu. Jus mengkudu dapat memperbaiki kondisi stroke. Selain jus mengkudu dapat juga digunakan jus kulit manggis. Kulit manggis mengandung super antioksidan untuk membantu pemulihan stroke.

Pencegahan stroke

Cara mencegah stroke adalah dengan memperhatikan faktor resiko dan menerapkan pola hidup sehat. Pencegahan stroke sama dengan pencegahan penyakit jantung yaitu :

   1. Mengendalikan hipertensi (tekanan darah tinggi) dengan rajin minum obat penurun tekanan darah.
   2. Menurunkan kelesterol LDL dan kolesterol total
   3. Stop merokok
   4. Kontrol diabetes dengan mengendalikan kadar gula darah agar selalu dalam batas normal.
   5. Menurunkan obesitas (kegemukan).
   6. Memperbanyak makan buah – buahan dan sayur – sayuran.
   7. Berolahraga secara rutin dan teratur
   8. Hindari minuman keras atau beralkohol

Komplikasi stroke

Komplikasi stroke dapat menyebabkan cacat permanen atau cacat sementara tergantung pada berapa lama otak mengalami kekurangan aliran darah dan bagian mana yang terpengaruh. Komplikasi bisa meliputi:

   1. Kelumpuhan atau hilangnya pergerakan otot.
   2. Kesulitan berbicara atau menelan.
   3. Kehilangan sebagian memori/ingatan. Sudah umum bahwa orang-orang yang telah memiliki pengalaman stroke kehilangan sebagian memori.
   4. Nyeri. Beberapa orang yang mengalami stroke mungkin mengalami nyeri , mati rasa atau perasaan aneh lain di bagian tubuh mereka yang terkena stroke
   5. Perubahan perilaku dan kehilangan kemampuan untuk merawat diri mereka sendiri dan mungkin perlu pengasuh

Rehabilitasi dan penyembuhan stroke

Setelah melewati masa kritis dan telah stabil, maka penderita stroke akan menjalani masa rehabilitasi dan proses penyembuhan. Tujuan dari rehabilitasi dan pemulihan adalah mengembalikan kekuatan dan fungsi tubuh semaksimal mungkin agar dapat tercapai kemandirian. Rehabilitasi dan pemulihan tergantung dari komplikasi stroke yang di derita oleh penderita stroke.

SUMBER LAIN:............
Informasi Kesehatan: Rasa Kantuk Gejala Dini Serangan Stroke ...
25 Mar 2008 ... Sebab, bisa jadi itu gejala awal stroke.?? Berdasarkan hasil penelitian ilmuwan Amerika Serikat (AS), rasa kantuk yang berlebihan setiap ...

Kantuk Berlebih? Waspadai Gejala Stroke | Berita Gaya Hidup
29 Okt 2010 ... Berhati-hatilah apabila Anda mengalami rasa kantuk berlebihan setiap hari. Sebab, bisa jadi itu gejala awal stroke?

Atasi Gejala Stroke dengan Bawang Putih | 101 Info
2 Sep 2008 ... aAda yang tiba-tiba cadel dan tangannya tidak bisa digerakkan? Semula mungkin kita mengira ia sedang bergurau, tapi ternyata tidak, ...

Gejala STROKE « Be&Bu
7 Okt 2008 ... pada saat kejadian, gagal mengenali gejala-gejala stroke. Sekarang banyak dokter mengatakan bahwa orang di sekitar korban dapat ...
theeqush.wordpress.com/2008/10/07/gejala-stroke/ - Tembolok

Pengobatan STROKE, SYARAF dan JANTUNG KORONER: MEMBACA GEJALA STROKE
Gejala stroke yang muncul pun tergantung dari bagian otak yang terkena. Membaca isyarat stroke dapat dilakukan dengan mengamati beberapa gejala stroke ...

Informasi lengkap tentang STROKE, gejala, penyebab dan AKIBAT STROKE
Informasi lengkap tentang Stroke, Jenis-jenisnya, Gejala dan tanda, Penyebab dan akibat stroke.

Kenali Gejala Stroke Sejak Dini - Media Hidup Sehat
5 Apr 2010 ... Untuk mencegah risiko stroke besar yang melumpuhkan, ada baiknya memperhatikan dan menangani gejala-gejala stroke sejak dini. ...

GEJALA STROKE «
GEJALA STROKE. Sewaktu pesta barbeque,seorang teman terjatuh – dia meyakinkan semua orang yang datang kalau dia tidak apa-apa dan katanya hanya tersandung ...

Waspadai Gejala Stroke Dini: Sering Migrain, Otot Leher Kaku ...
Jika dibiarkan, akan timbul gejala-gejala penyakit stroke menyerang kita. ... Kenapa semua itu disebut gejala stroke? Lihatlah, semua berawal dari peredaran ...

5 Tanda Awal (GEJALA) Stroke >>Gambar Hidup
Sebelum memberikan tanda-tanda awal (gejala) stroke, saya punya kisah ... Berdasarkan artikel kompas.com yang saya baca, gejala awal stroke biasanya berupa: ...

detikHealth : Gejala Stroke yang Sering Diremehkan
27 Mar 2010 ... Stroke adalah penyakit yang menakutkan karena dapat menyebabkan kecacatan dalam jangka waktu yang lama bahkan seumur hidup.

Gejala Stroke Penyebab Stroke Hindari Stroke | Berita Terbaru
2 pesan - Pos terakhir: 23 Okt 2010
Sudah banyak sekali manusia meninggal oleh penyakit Stroke. lalu apa sih penyakit ini dan apa gejala nya serta penyebabnya, apa bisa kita ...

Gejala stroke
Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat - Tampilan Cepat
Gejala stroke muncul akibat daerah otak tertentu tak berfungsi, karena terganggunya aliran darah ke daerah tersebut. Gejala yang muncul bervariasi, ...

Waspadai LIma Gejala Stroke
5 Apr 2010 ... Secara umum, sebagian besar responden (92,6%) mengetahui bahwa mati rasa, khususnya pada satu sisi saja merupakan gejala stroke. ...

Awas, STROKE Bisa Mengenai Siapa Saja!
1 Mar 2004 ... Usaha mengenali tanda-tanda atau gejala stroke sangat penting untuk memastikan penderita mendapatkan perawatan lebih cepat dan tepat, ...

Bersamaku Menuju Pencerahan :: Gejala Stroke :: September :: 2007
21 Sep 2007 ... Kadang-kadang gejala stroke sulit dikenali. Sayangnya, kurangnya kewaspadaan dapat mendatangkan bencana. Korban stroke dapat menderita ...

Gejala Stroke Kurang Dikenal - KOMPAS.com
17 Apr 2010 ... Sebagai salah satu penyebab kematian terbanyak, gejala penyakit stroke kurang dikenal masyarakat.

Membaca Gejala Stroke
Informasi kesehatan lengkap tentang cara membaca gejala stroke, perkembangan penyakit stroke serta cara untuk mendiagnosis stroke.

Stroke | Info Obat, Penyakit, Gejala, Perawatan, dan Pencegahannya
11 Mei 2010 ... Deskripsi Stroke termasuk penyakit yang ditandai dengan kematian jaringan otak. Penyebab berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak.

Stroke dan Gejalanya | resep.web.id
Gejala dari stroke ringan bisa tidak disadari oleh penderita. Padahal serangan tersebut bisa saja terjadi beberapa kali dalam sehari? ...

Waspada Gejala Stroke Tersamar | http://www.untukku.com
GEJALA stroke terutama pada wanita bisa jadi tersamar, sehingga dikhawatirkan dapat menghambat proses pengobatan yang tepat. Mengenali gejala dari stroke ...

Gaya Hidup Sehat dan Sukses: Gejala Stroke
16 Jan 2011 ... Dia mendapat serangan stroke pada pesta barbeque. Kalau saja mereka tahu bagaimana mengenali gejala stroke mungkin Ingrid masih bersama kita ...

Gejala dan Penanganan Stroke Ringan | Majalah Kesehatan.com
Gejala stroke ringan mirip dengan stroke biasa. Berikut adalah beberapa gejala stroke ringan, tergantung bagian mana dari sistem peredaran darah dan otak ...

- GEJALA AWAL STROKE
Kadang-kadang gejala stroke sulit dikenali. Sayangnya, kurangnya kewaspadaan dapat mendatangkan bencana. Korban stroke dapat menderita kerusakan otak
Tempointeraktif.Com - Kenali Gejala Stroke Sejak Dini
10 Apr 2010... RS Royal Taruma menggelarkan seminar Kenali Gejala Stroke Sejak Dini pada Sabtu (27/3) yang dihadiri sekitar 150 orang peserta. ...

Mengenal Gejala Stroke
19 Jan 2010 ... Aneka gejala Stroke yang dapat kita kenali: ... Berbagai gejala itu memang tidak selalu menunjukkan bahwa akan terjadi / awal dari stroke, ...

VIVAnews - Kenali Gejala Stroke Sejak Dini
20 Agu 2010 ... Kecenderungan stroke menyasar generasi muda yang masih dalam usia produktif. - Kenali Gejala Stroke Sejak Dini.

let's make some noise...: Kenali Gejala Stroke
4 Jun 2010 ... Meski dikatakan tanda – tanda stroke dapat mirip dengan gejala gangguan syaraf lain, namun stroke bisa dikenali dari beberapa gegjala yang ...

Penanganan dan Gejala Stroke
19 Jan 2010 ... troke ringan atau yang dikenal secara medis sebagai transient ischemic attack (TIA) terjadi ketika asupan oksigen ke bagian tertentu dari ...

GEJALA STROKE
7 pesan - 5 penulis - Pos terakhir: 19 Jan 2009
gejala-gejala stroke. Sekarang banyak dokter mengatakan bahwa orang di sekitar korban dapat mengenali gejala stroke ...


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar